ETIKA OPERATOR WARNET

Nama : Anggeda Fabian Kusuma

Npm  : 10110811
Kelas : 4KA28

Tugas 1

ETIKA OPERATOR WARNET

 

Etika berasal dari bahasa Yunani kuno. Bentuk tunggal kata ‘etika’ yaitu ethos sedangkan bentuk jamaknya yaitu ta etha. Ethos mempunyai banyak arti yaitu : tempat tinggal yang biasa, padang rumput, kandang, kebiasaan/adat, akhlak,watak, perasaan, sikap, cara berpikir. Sedangkan arti ta etha yaitu adat kebiasaan.

Arti dari bentuk jamak inilah yang melatar-belakangi terbentuknya istilah Etika yang oleh Aristoteles dipakai untuk menunjukkan filsafat moral. Jadi, secara etimologis (asal usul kata), etika mempunyai arti yaitu ilmu tentang apa yang biasa dilakukan atau ilmu tentang adat kebiasaan (K.Bertens, 2000).

 

Etika merupakan suatu ilmu yang membahas perbuatan baik dan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia. Dan etika profesi terdapat suatu kesadaran yang kuat untuk mengindahkan etika profesi pada saat mereka ingin memberikan jasa keahlian profesi kepada masyarakat yang memerlukan.

Tukang? Janganlah menyebutnya dengan tukang, karena pekerjaan mereka lebih mulia daripada para pengemis di pinggir jalan yang hanya meminta tanpa bekerja keras. Penjual istilah yang lebih tepat untuk mendeskripsikan sesorang yang menjual barang ataupun jasa mereka. Disini akan saya bahas tentang operator warnet yang ada di dekat perumahan saya.

 

Warnet tempat interaksi antara pelanggan clinet yang membutuhkan jasa internet. dan warnet tempat yan gmenyediakan layanan internet tersebut dalam personal komputer. didalamnya terdapat banyak paketan harga dan juga personal billing. terdapat paket games dan paket internet di dalamnya. serta tidak jarang warnet juga berjualan makanan dan minuman untuk kebutuhan para pelanggan. Disni operator di tuntun melayani pelanggan dengan  baik dan ramah. terdapat dua paket yang ditawarkan operator pre paid. yang artinya membayar paket terlebih dahulu contohnya untuk paket games 15 ribu = 6 jam dia harus membyar kepada operator dulu yang nantinya diberikan password oleh operator untuk login. dan satunya pake personal yan gbiasanya hanya di gunakan untuk browsing sebentar biasanya di kenenkana biaya lebih mahal di bandingkan paket semisal 4ribu per jam tetapi mendapat bandwith kecepatan yang lebih di bandingkan games. disitu adalah tugas tugas menjadi profesi operator warnet. memiliki estekika melayani kepada pelanggan dan bukan pekerjaan formal dapat di lakukan secara paruh waktu dan juga mendapat upah yang relatif rendah kadang tidak mennetu. dan juga bila mendapat shift malam biasanya mendapat upah lebih tinggi di bandingkan shift pagi.

Dalam dunia usaha warnetpun memiliki beberapa etika yang harus dipenuhi agar manajemen di dalam warnet menjadi lenih baik dan teratur.
1.Para warnet diharuskan untuk bangun pagi dalam mencari rejeki agar usaha berjalan dengan lancar
2.Dalam usaha warnetl, dipegang oleh 1 boss dan minimal 2 operator warnet.
3.Untuk pembagian hasil biasanya sang boss dan pegawai melakukan pembagian dengan presentase 80:20 untuk keuntungan dari hasil harian bulanan.
4.Boss berhak memecat apabila para pegawai melanggar aturan di warnet berssangkutan(seperti menggelapkan uang setoran warnet)
5. Bos pun melakukan pembagian gaji setiap bulannya tergantung pendapatan dan sudah di potong oleh pinjaman pegawai kepada bos dalam pembagian gaji.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s