IBD sebagai MKDU

Seperti pada semester sebelumnya yang terdapat mata kuliah dasar umum (MKDU), pada semester dua ini pun kita mendapatkan mata kuliah tersebut. Namun yang berbeda kali ini kami mendapatkan Ilmu Budaya Dasar (IBD) sebagai mata kuliah umum.MKDU merupakan mata kuliah wajib di universitas. IBD (Ilmu Budaya Dasar) adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah masalah manusia dan kebudayaan. Dengan adanya mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat lebih manusiawi, berbudaya dan halus, yang akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun tujuan dari ilmu budaya dasar yang disebutkan sebagai berikut :

Tujuan ilmu budaya dasar antara lain:

1. Mempertajam kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.
2. Memperluas pandangan mahasiswa tentang masalah kemanusiaan dan kebudayaan dan meningkatkan daya kritis mereka terhadap berbagai persoalan yang berhubungan dengan kedua hal tersebut.
Menjauhkan mahasiswa dari sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat.
3. Sebagai wahana komunikasi para akademisi agar mereka dapat berdialog satu sama lain.

Sedangkan Menurut Prof. Dr. Harsya Bachtiar, ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan dalam tiga kelompok besar, yaitu:

1. Ilmu alamiah (natural science), yang bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta, dengan menggunakan metode ilmiah.
2. Ilmu sosial (social science), yang bertujuan mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia, dengan menggunakan metode ilmiah.
3. Pengetahuan budaya (the humanities), memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi, dengan menggunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, yang kemudian diberi arti.

Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa ilmu budaya dasar berbeda dengan pengetahuan budaya.Adapun persamaan antara Ilmu Budaya Dasar dengan Pengetahuan Budaya adalah dari segi penggunaan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang Pengetahuan Budaya untuk mengembangkan wawasan pemikiran dan kepekaan dalam mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

Dalam Ilmu Budaya Dasar, manusia menempati posisi sentral dalam pengkajiannya. Manusia bukan menjadi subjek, melainkan objek pengkajian. Ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar meliputi:
1. bagaimana hubungan manusia dengan alam
2. dengan sesama manusia
3. dirinya sendiri
4. nilai-nilai manusia dan
5. bagaimana hubungan manusia dengan Tuhan.

Pokok bahasan yang dikembangkan dalam Ilmu Budaya Dasar adalah:
1. Manusia dan cinta kasih
2. Manusia dan keindahan
3. Manusia dan penderitaan
4. Manusia dan keadilan Manusia dan pandangan hidup
5. Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
6. Manusia dan kegelisahanManusia dan harapan

Opini : Menurut saya mata kuliah IBD sangat bermanfaat bagi mahasiswa sebagai pandangan berbudaya. Menjadikan mahasiswa lebih peka akan lingkungan kebudayaan dan menjaukannya dari dari sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat, seperti yang telah diungkapkan diatas.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s