MENENTUKAN UNTUK SIAPA BARANG-BARANG DIPRODUKSI

MENENTUKAN UNTUK SIAPA BARANG-BARANG DIPRODUKSI
Masalah selanjutnya yang harus dipikirkan masyarakat adalah :
“bagaimanakah pendapat keseluruhan masyarakat didistribusian kepada berbagai golongan dan individu dalam masyarakat itu?” untuk menjawab pertanyaan ini, yang pertama sekali harus dilakukan adalah melihat cara-cara pendapatan dari faltor-faktor produksi ditentukan. Disini yang akan diperhatikan adalah bagaimana caranya upah tenaga kerja, sewa tanah, bunga modal, dan keuntungan para pengusaha ditentukan. Analisa ini akan memberikan jawaban kepada persoala bagaimana pendapatan keseluruha masyarkat didistriusikan dalam memikirkan masalah “ untuk siapa barang di produksi?” untuk memperoleh jawaban kepada persoallan yang paling akhir ditanyakan ini,dua persoala berikut harus dianalisis, yaitu:
1. Haruskah distribusi pendapatan ditentukan berdasarkan pendaatan faktor-faktor produksi dalam kegiatan memproduksi?
2. Adakan ia perlu didistribusikan secara sedemikian rupa sehigga peraaan pendapatan yang optimin dapat tercapai?
Sekiranya pendapatan individu-individu didasarkan kepada pembayaran untuk faktor-aktor produksi yang mereka miliki dan mereka tawrkan, maka masalah ketidakseimbangan dalam distribusi pendapatan akan timbul. Yang kaya akan bertambah kaya, sedangkan yang miskin akan menghadapi banyak kesulitan untuk mendapatkan pendapatan yang lumayan. Sebaiknya, kalo meratakan distribusi pendapatan yang ditekankan biasanya dilaukan dengan menggunakan sistem pajak yang sangat progresif kegairahan individu-individu untuk berkerja keras akan berkurang. Keenderungan ini akan mengurangi pendapatan keseluruhan masyarakat dan memperlambat kebutuhan ekonomi.
Setiap masyarakat harus memecahkan masalah ini meraka harus memikirkan cara untuk mendistrbusikan pendapatan secara adil tanpa mengurangi kegairahan individu-individu bekerja sehingga kepuncak kesanggupannya. Apabila tujuan ini dapat dicapai maka perataan pendapatan dapat diwujudkan tanpa menghambat pertumbuhan ekonomi. Campur tangan pemeritah diperlukan untuk mencapai tujuan ini.

About these ads
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s